NASA Melanjutkan Perjalanan Luar Angkasa Manusia Dari Tanah AS Dengan Peluncuran SpaceX Yang Bersejarah

SpaceX, perusahaan roket swasta pengusaha miliarder, Elon Musk, meluncurkan dua orang Amerika ke orbit dari Florida pada hari Sabtu dalam misi penting yang menandai pesawat ruang angkasa pertama para astronot NASA dari tanah AS dalam sembilan tahun.

Roket SpaceX Falcon 9 lepas landas dari Kennedy Space Center pada pukul 3:22 malam. EDT (1922 GMT), meluncurkan Doug Hurley dan Bob Behnken dalam perjalanan 19 jam naik kapsul Crew Dragon yang baru dirancang perusahaan menuju ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Tepat sebelum lepas landas, Hurley berkata, “SpaceX, kami akan diluncurkan. Mari nyalakan lilin ini, ”mengutip komentar terkenal yang diucapkan di landasan peluncuran pada tahun 1961 oleh Alan Shepard, orang Amerika pertama yang terbang ke luar angkasa.

Beberapa menit setelah peluncuran, roket pendorong tahap pertama dari Falcon 9 terpisah dari roket tahap kedua atas dan terbang kembali ke Bumi untuk turun dengan selamat ke platform pendaratan yang mengambang di Atlantik.

Jauh di atas Bumi, Dragon Crew membuang beberapa saat kemudian dari roket tahap kedua, mengirimkan kapsul dalam perjalanan ke stasiun ruang angkasa.

Tontonan yang menggairahkan dari roket yang melonjak dengan sempurna ke surga datang sebagai kemenangan selamat datang bagi sebuah negara yang dicengkeram oleh kerusuhan sipil yang dituduhkan secara rasial serta ketakutan yang berkelanjutan dan pergolakan ekonomi dari pandemi coronavirus.

Mari bergabung sekarang di situs dominoqq online terbaik dan terpercaya di Indonesia CantikQQ. Situs dengan persentase kemenangan yang sangat tinggi, dimana anda bisa memainkan 9 jenis permainan kartu online yang spektakuler hanya dengan mendaftar 1 user ID saja.

Falcon 9 lepas landas dari landasan peluncuran yang sama dengan yang digunakan oleh penerbangan ulang-alik terakhir NASA, yang dikemudikan oleh Hurley, pada tahun 2011. Sejak itu, para astronot NASA harus menumpang wahana ke orbit di atas pesawat ruang angkasa Rusia Soyuz.

“Luar biasa, kekuatannya, teknologinya,” kata Presiden AS Donald Trump, yang berada di Kennedy Space Center di Cape Canaveral di Florida untuk peluncurannya. “Itu pemandangan yang indah untuk dilihat.”

Upaya peluncuran misi pertama pada hari Rabu dibatalkan dengan kurang dari 17 menit tersisa pada jam hitung mundur. Cuaca lagi mengancam peluncuran hari Sabtu, tetapi dibersihkan pada waktunya untuk melanjutkan misi.

MILESTONE SPACEFLIGHT
Kepala NASA Jim Bridenstine mengatakan melanjutkan peluncuran astronot Amerika pada roket buatan Amerika dari tanah AS adalah prioritas utama badan antariksa.

“Aku menghela nafas lega, tetapi aku juga akan memberitahumu bahwa aku tidak akan merayakan sampai Bob dan Doug pulang dengan selamat.” Kata Bridenstine.

Bagi Musk, peluncuran itu merupakan tonggak penting bagi roket yang dapat digunakan kembali yang dirintis perusahaannya untuk membuat spaceflight lebih murah dan lebih sering. Dan itu menandai pertama kalinya kendaraan luar angkasa yang dikembangkan secara komersial – dimiliki dan dioperasikan oleh entitas swasta daripada NASA – telah membawa orang Amerika ke orbit.

Terakhir kali NASA meluncurkan astronot ke luar angkasa menggunakan kendaraan baru adalah 40 tahun yang lalu pada awal program pesawat luar angkasa.

Musk, pengusaha teknologi tinggi kelahiran Afrika Selatan yang membuat kekayaannya di Silicon Valley, juga kepala eksekutif pembuat mobil dan produsen baterai Tesla Inc. Ia mendirikan Hawthorne, SpaceX yang berbasis di California, yang secara resmi dikenal sebagai Space Exploration Technologies, pada tahun 2002 .

Hurley, 53, dan Behnken, 49, karyawan NASA yang terikat kontrak untuk terbang dengan SpaceX, diperkirakan akan tetap di stasiun ruang angkasa selama beberapa minggu, membantu kru bertangan pendek di atas laboratorium orbital.

Boeing Co, yang memproduksi sistem peluncurannya sendiri dalam persaingan dengan SpaceX, diperkirakan akan menerbangkan kendaraan CST-100 Starlinernya dengan para astronot yang naik untuk pertama kalinya tahun depan. NASA telah memberikan hampir $ 8 miliar gabungan untuk SpaceX dan Boeing untuk pengembangan roket saingan mereka.

Trump juga memuji peluncuran sebagai kemajuan besar menuju tujuan akhirnya mengirim manusia ke Mars.

Dia bergabung di menonton oleh Musk, serta Wakil Presiden Mike Pence, Sekretaris Perdagangan Wilbur Ross, Sekretaris Pendidikan Betsy DeVos, anggota Kongres Florida Matt Gaetz dan Senator Rick Scott.

Sebelumnya pada hari Sabtu, para kru mengucapkan selamat tinggal kepada keluarga mereka. Sebelum naik ke mobil Tesla yang dirancang khusus untuk perjalanan ke lokasi peluncuran, Behnken memberi tahu putranya yang masih kecil, “Jadilah yang baik untuk ibu. Buat hidupnya mudah. ​​”

Selama perjalanan, Behnken dan Hurley melewati mantan astronot Garrett Reisman yang memegang papan bertuliskan, “Bawa aku bersamamu.”